KabarSumsel.ID
Mancanegara

Polda Sulsel Ungkap Penipuan Jaringan Internasional Modus Investasi

Polda Sulsel Ungkap Penipuan Jaringan Internasional Modus Investasi

KABARSUMSEL.ID, Makassar – Polisi Daerah Sulawesi Selatan berhasil mengungkap jaringan penipuan online Internasional dengan modus investasi uang di Indonesia. Salah satu korban bernama Martinus Musu ditipu dan dijanjikan Rp.2 Miliar apabila melakukan transfer uang ke pelaku.

Hal ini dikatakan oleh Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani, di Mapolda Sulsel, Jl. Printis Kemerdekaan, Jumat (4/1/2019).

“Penungkapan kasus penipuan online jaringan Internasional. Kasus ini bermula menerima laporan Polisi pada 17 Desember 2018, pelaku menjanjikan Investasi sebanyak Rp. 2 Miliar dimana untuk mencairkan investasi ini harus bayar pajak, maka korban mentranseferkan sejumlah uang ke pelaku,” tutur beliau.

Penipuan bermula ketika korban Martinus Musu berkenalan dengan seorang warga Inggris yang kemudian dijanjikan investasi Rp.2 miliar. Dikarenakan tertarik, maka korban menstransfer sejulah uang. Apesnya pelaku menggunakan akun Facebook palsu dan merupakan warga Negara Nigeria.

“Kenyataan pelaku warga Negara Nigeria atas nama Chiko, korban berhubungan dengan Chiko melalui Facebook atas nama Ernes muka bule Eropa tapi dia orang Nigeria. Akibat chatting di facebook kenal dia chatting terus, jaringan cukup banyak dan pemain dari Nigeria, orang kita terhasut keuntungan banyak ingin dapat uang akhirnya tertipu, “ ungkap korban.

Dalam hal ini korban mengalami kerugian sebesar Rp.650 juta yang sudah ditransfer ke beberapa nomor rekening warga Indonesia. Kini polisi telah mengamankan seorang pelau perempuan H (38) yang menerima uang dari Chiko. Sementara Chiko masih dikejar.

Dalam penangkapan polisi mengamankan uang puluhan juta, uang dollar, buku rekening, handphone, serta 1 unit kunci kamar apartemen di Jakarta. Pelaku dijerat undang-undang Informasi Elektronik, Pasal 28 ayat 1, Pasal 45 Ayat 1, degan ancaman hukuman 12 tahun dan denda Rp.12 Miliar.

Print Friendly, PDF & Email

Artikel Terkait

Fantastis! ‘Aquaman’ Berhasil Kantongi US$ 1 Miliar                

roni Fadly

Perdana Menteri Mahathir Kecam Israel

roni Fadly

Nicolas Maduro Mendapat Dukungan Vladimir Putin

roni Fadly

Tinggalkan Komentar