KabarSumsel.ID
Hidup Sehat

Perawatan, Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Herpes

Perawatan, Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Herpes

Sebelum kita mempelajari Perawatan, Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Herpes, kita akan membahas komplikasi akibat penyakit herpes.

Komplikasi Penyakit herpes

  • Gingivitis – mulut akut, biasanya terjadi pada anak-anak berusia 1-5 tahun.
  • Eksim herpes: Umum pada pasien yang pernah mengalami penyakit kulit sebelumnya seperti dermatitis, dare, pemphigus, dermatitis kronis.
  • Ruam cacar air adalah bentuk virus herpes zoster yang tersebar luas dan memiliki impetigo. Tiba-tiba gejala: Demam, menggigil, ketidaknyamanan dan lecet muncul di daerah abnormal. Lesi berkembang selama 7 hingga 10 hari, menyebar dan bercampur menjadi lesi celah yang lebih besar. Ini kemudian terinfeksi dengan bakteri Staphylococcus atau Streptococcus.
  • Peradangan kornea – konjungtivitis: Gejala: nyeri, iritasi, mata berair dan sensitif terhadap cahaya. Jika tidak ditangani sejak dini, bisa menyebabkan kebutaan akibat ulkus di kornea, konjungtiva. Perhatian medis segera harus dicari dari dokter mata jika ada infeksi herpes yang dicurigai.
  • Acute ensefalitis akut adalah komplikasi umum kematian jika tidak segera diobati.
  • Infeksi herpes: Resiko profesional bagi dokter, dokter gigi dan perawat ketika menangani pasien yang terinfeksi herpes. Tanda adalah gejala infeksi virus herpes di jari-jari. Perawatan harus diambil untuk membedakan antara diagnosis infeksi kuku (sembilan jerat) pada subjek ini.
  • Eritema multiforme: Ruam simetris, biasanya di lengan, kaki dan lesi muncul dalam jenis (tanah, papula, array …) bukan hanya lecet. Penyakit ini dapat kambuh dalam beberapa kelompok dan berlangsung selama 2-3 minggu.

Perawatan Penyakit Herpes

Tubuh: asiklovir; valasiklovir; famciclovir; manggaherpin; medipleks; isopresinosine. Mangoherpin adalah produk asal herbal, obat pengobatan yang efektif, lebih sedikit komplikasi, murah lagi.

Obat lain : asiklovir; poscarrnet; manggaherpin.

Semua pasien yang didiagnosis dengan herpes primer harus diberikan obat oral sesegera mungkin dan diberi konseling tentang risiko kekambuhan, bagaimana meredakan kekambuhan. Tujuan terapi antiviral adalah untuk mengobati atau meringankan gejala; Mencegah sequelae dan HSV reaktif. Dokter tidak hanya mengobati gejala tetapi juga efek psikologis.

Saat ini ada tiga obat yang disetujui untuk pengobatan infeksi herpes: asiklovir, valasiklovir, dan famiklovir. Tergantung pada stadium penyakit, dosis dan jumlah hari akan bervariasi.

Selain itu, 5g tabung asiklovir anti-HSV penyakit aktif pada manusia. Terapkan sesegera mungkin untuk timbulnya gejala atau ketika lesi pertama hadir. Aplikasi: Terapkan 5 kali sehari, 4-5 kali sehari. Waktu 5 hari atau lebih lama hingga 10 hari. Jangan mengaplikasikan obat ke mukosa.

Cara Mencegah Penyakit Herpes

Herpes sangat menular melalui kontak langsung ketika masih ada lesi, jadi perhatikan hal berikut:

  • Jangan menyentuh area yang terkena, seperti mencium, menyentuh, menyentuh.
  • Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti sikat gigi, handuk, tisu wajah, cangkir, sumpit, lipstik, make-up dan kain katun tipis.
  • Cuci tangan Anda setelah menerapkan obat.
  • Jangan sentuh matamu. Jangan gunakan air liur untuk membasahi lensa kontak.
  • Hati-hati saat riasan dan riasan. Jangan mencoba menggunakan krim atau riasan untuk menutupi herpes atau luka yang lebih mungkin terinfeksi kuman.
  • Lesi tidak akan lagi menular ketika benar-benar sembuh dan area yang terkena telah kembali normal.

Cara Perawatan dan Pengobatan Herpes di Rumah

Dalam kebanyakan kasus, Herpes akan menutup dan menghilang dalam waktu sekitar 2 minggu. Oleh karena itu, perawatan di rumah memainkan peran penting.

Perawatan herpes :

  • Bilas mulut dengan larutan garam untuk membersihkan, menenangkan luka dan mengurangi risiko superinfeksi.
  • Obat topikal: pigmen (seperti Milian, Povidine) untuk mencegah beberapa infeksi, pengeringan cepat. Cream / Gel Xylocaine: analgesik saja. Krim anti-viral (Acyclovir 5% atau Penciclovir 1%) bekerja dengan baik jika diterapkan lebih awal.

Perawatan tubuh penuh penyakit herpes di rumah :

  • Kurangi stres, kecemasan.
  • Meningkatkan nutrisi, memperbaiki kondisi umum.
  • Hindari makanan konsentrasi arginin yang tinggi (arginin merupakan salah satu jenis asam amino yang dibutuhkan untuk kelahiran kembali siklus virus herpes), seperti kelapa, kedelai, kacang, coklat, wortel … Makanlah makanan Minuman ringan dan manisan seperti sayuran, buah, daging sapi, ikan, ayam, keju … untuk menghindari iritasi dan kulit sensitif di sekitarnya.
  • Minum obat penghilang rasa sakit biasa (Parasetamol).

Kasus yang parah:

Jika penyakit ini berkepanjangan, meluas, komplikasi atau terjadi pada pasien khusus (neonatus, wanita hamil, pasien AIDS, pasien transplantasi), kebutuhan untuk pemantauan oleh dokter dan minum obat antiviral (acyclovir, valacyclovir, famciclovir). Obat akan membantu mengurangi keparahan gejala, memperpendek durasi penyakit dan mengurangi kambuh. Minumlah obat sesegera mungkin dalam kasus ini (ketika gejala muncul).

Print Friendly, PDF & Email

Artikel Terkait

5 efek tidak sehat dari posisi kaki bersila

Masroni

Penyebab batuk berkepanjangan pada lansia

Masroni

Penyakit mulut dan gigi yang menandakan banyak penyakit berbahaya

Masroni

Tinggalkan Komentar