KabarSumsel.ID
Daerah PALI

Warga Sungai Ibul Rebutan Air Langir dan Sembelih Seekor Kerbau

PALI – Ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT selama ini, membuat masyarakat Desa Sungai Ibul, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengelar kegiatan sedekah bumi, dengan menyembelih seekor kerbau.

Acara yang digelar, Minggu (6/1) ini cukup antusias di tengah masyarakat setempat ini, dengan mengadakan beberapa kegiatan yang diangap sakral seperti membasahkan kepala dengan air yang telah di bacakan yasin dan didoakan, serta ditaburkan bermacam bunga yang disebut air langir.

Kepala Desa Sungai Ibul, Maryono mengungkapkan, bahwa sejarah desa mereka dahulunya, berawal dari tiga orang tokoh asal Desa Saba Petai Mangku Negara yang datang bercocok tanam di Sungai Ibul, yang sebelumnya dikenal sebagai talang.

“Sekitar tahun 1950-an, beberapa tokoh berkumpul di Talang Sungai Ibul kemudian menunjuk kepala Talang. Seiring waktu, pada tahun 1976 Dewan Marga melalui Pesirah atau Camat, saat itu mengusulkan Sungai Ibul menjadi desa, kemudian usulan itu disetujui dan diresmikan Bupati Muara Enim yang saat itu dijabat Sei Sohar,” ujarnya.

Sejak 1976-1980 ditunjuklah Zainudin sebagai Krie, dan pada tahun 1984, nama jabatan Krie berganti nama menjadi kepala desa, setelah Bupati mengeluarkan keputusan penggantian nama jabatan tersebut.

“Sejak saat itulah, pemilihan kepala desa dipilih langsung masyarakat dilaksanakan sampai saat ini. Jadi kegiatan sedekah bumi ini merupakan adab kita sejak lama, jangan sampai hilang, diperingati setiap awal tahun. Meski pun dalam kondisi ekonomi yang kurang stabil, tetapi kita laksanakan semampu kita, kegiatan ini juga sebagai upaya melawan lupa,” katanya.

Sedekah bumi juga menunjukan kekompakan warga, karena dikatakan Kades bahwa sampai saat ini, sedekah bumi dilaksanakan atas gotong royong, baik itu biaya maupun peralatan dan pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Ini adalah cerminan desa kami, yang mana masih menjaga kekompakan serta seluruh warga dengan sukarela menumbangkan berbagai macam bahan untuk keperluan sedekah, kemudian dimasak bersama-sama. Dan kami harapkan ini akan terus dipertahankan. Karena, dengan kegiatan ini kita tahu sejarah desa kita serta mendoakan para pendiri desa ini,” pungkasnya. (Ng)

Print Friendly, PDF & Email

Artikel Terkait

KPUD PALI Lantik 10 Anggota PPK

Muhammad Yulizar

3M Ampuh Cegah DBD

Muhammad Yulizar

Pria Ancam Orang Tua Pacar Bemodal Foto Dan video Mesum

Muhammad Khoir

Tinggalkan Komentar