KabarSumsel.ID
Wisata

Tips Travelling Murah ke Raja Ampat

Jaman sekarang berlibur merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup. Untuk berlibur ke surganya bawah laut yang ada di Raja Ampat, memang memakan cukup banyak biaya. Akan tetapi, selalu ada cara untuk traveling ke Raja Ampat dengan murah. Raja Ampat telah menjadi tempat wisata di Indonesia yang telah mendunia sama dengan Bali. Raja Ampat merupakan tempat wisata air yang menjadi surganya para pecinta olahraga diving maupun snorkeling.  Perhatikan tips travelling murah ke Raja Ampat ini untuk menghemat pengeluaran Anda.

Tips Travelling Murah ke Raja Ampat
Tips Travelling Murah ke Raja Ampat

Anda harus mempunyai persiapan yang matang sebelum berangkat, yang paling utama tentu transportasi dan juga penginapan. Disini Anda harus pandai mencari tempat untuk menginap yang lengkap dan tentunya juga murah. Bila memiliki budget yang terbatas, jauh lebih baik apabila Anda tidak memesan cottage. Sebaiknya Anda memilih tempat penginapan yang standar saja, biasanya harga sewa penginapan standar sekitar 200 ribu/malam. Namun untuk lebih hemat, Anda dapat menginap di rumah penduduk yang biasanya sengaja disewakan.

Tips travelling murah ke Raja Ampat untuk Anda memulai perjalanan dari Jakarta, sebaiknya Anda mencari maskapai penerbangan yang sedang promo untuk menuju Sorong, harga tiket promo biasanya sekitar 1 juta-an rupiah. Kapal Pelni dapat digunakan sebagai alternatif, Anda dapat menaiki Kapal Pelni dari Tanjung Priok langsung menuju ke Sorong. Harga tiket Kapal Pelni sekitar 700 ribu – 800 ribu rupiah, dengan lama perjalanan yaitu sekitar 5 hari 4 malam.

Kota Sorong merupakan pintu gerbang utama menuju Raja Ampat. Apabila telah sampai di Sorong, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan taksi menuju ke pelabuhan. Biaya argo taksi berkisar 50 ribu – 70 ribu rupiah.  Setelah itu Anda bisa naik kapal menuju Waisai. Alternatif alat transportasi disini hanya dua, yaitu menggunakan kapal cepat dengan waktu tempuh sekitar 3 jam atau dengan kapal biasa yang memakan waktu tempuh sekitar 5 – 6 jam.

Setelah sampai di Waisai, Anda diwajibkan untuk terlebih dahulu pergi ke kantor Departemen Budaya dan Pariwisata, untuk membayar biaya konservasi. Biasanya wisatawan lokal dikenakan biaya 250 ribu rupih, sedangkan wisatawan asing dikenakan biaya 500 ribu rupiah. Untuk dapat menikmati wisata air Raja Ampat, Anda harus bangun pukul 04.00 untuk mendapatkan waktu yang tepat. Untuk menemukan perahu yang menuju Raja Ampat, Anda harus pergi ke pasar Waisai. Harga sewa perahu biasanya antara 3 – 5 juta rupiah beserta pengemudinya. Akan tetapi harga ini belum termasuk dengan harga BBM.

Apabila Anda telah sampai di Raja Ampat, Anda wajib pergi ke Pulau Wayag yang merupakan destinasi favorit para wisatawan, karena menyuguhkan gunung-gunung kecil dan laut biru yang begitu sedap dipandang mata. Tempat wisata lainnya di Raja Ampat yang harus Anda kunjungi adalah Teluk Kabui dan Five Rocks disini Anda dapat bersnorkeling ria. Paket diving di Raja Ampat biasanya lebih mahal. Apabila budget Anda pas-pasan namun masih ingin bermain air, maka Anda bisa berenang ataupun snorkeling. Sewa alat snorkeling biasanya adalah 50 ribu rupiah dan paket diving biasanya sekitar 550 ribu rupiah.

Bertravelling dengan rombongan merupakan cara yang paling tepat dan juga murah untuk ke Raja Ampat, sebab semua biaya dapat ditanggung secara bersama-sama. Semua tarif diatas tidak bersifat permanen dan bisa berubah kapan saja tergantung dengan kondisi. Demikian tips travelling murah ke Raja Ampat , semoga dapat mewujudkan impian Anda untuk berlibur ke Raja Ampat.

Print Friendly, PDF & Email

Artikel Terkait

Kebijakan Gubernur Jakarta Masuk Monas Gratis Bagi Difabel Dan Lansia

Muhammad Khoir

Rekomendasi Tempat Wisata Untuk Honeymoon

Khaylila Zhafira

Malam Tahun Baru Candi Borobudur Akan Dimeriahkan 1.500 Balon LED

Muhammad Khoir

Tinggalkan Komentar