KabarSumsel.ID
Wisata

Tips Transportasi ke Pulau Seribu

Tips Transportasi ke Pulau Seribu 2

Pulau seribu terdapat di perairan di Teluk Jakarta yang memiliki panjang 100 km dan 108.000 ha luasnya. Ada lebih dari 110 pulau, di beberapa kelompok yang besar dan kelompok pulau kecil di Kepulauan Seribu. Pulau mereka dibagi menjadi pulau wisata, pulau sejarah, konservasi dan untuk memberdayakan masyarakat yang sesuai dengan karakteristik yang berbeda antara masing-masing pulau. Sebelum memulai tips transportasi ke pulau seribu, ada baiknya kita mengetahui tentang kepulauan seribu itu sendiri.

Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten di bawah pimpinan seorang bupati yang berkantor terletak di Pulau Pramuka. Pulau Pramuka mempunyai infrastruktur yang terbilang lengkap seperti layaknya gedung sekolah, sistem keamanan terpadu, fasilitas olahraga serta fasilitas kesehatan atau rumah sakit yang dilengkapi beberapa unit ambulans berupa speed boat.

Ada sekitar 45 pulau telah dikhususkan untuk wisatawan yang di kelompokan ke dalam pariwisata khusus dan pariwisata umum. Pulau-pulau di antara Kepulauan Seribu, 6 dari pulau tersebut telah dijadikan sebagai pusat pariwisata. Adalah Ayer Island, Pulau Alam Kotok, Pulau Bidadari, Pulau Putri, Pulau Sepa dan Pulau Pantara. Pulau-pulau tersebut dilengkapi juga dengan sarana yang memadai.

Berikut ini tips transportasi ke pulau seribu yang akan membutuhkan sekitar 20 menit untuk mencapai pulau terdekat dan tiga jam untuk mencapai pulau terjauh dengan mengendarai speedboat dari pelabuhan Marina Ancol. Beberapa pengelolaan pulau-pulau pariwisata memiliki fasilitas transportasi sendiri. Demikian juga dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu. Kapal-kapal yang dioperasikan setiap hari untuk memfasilitasi kebutuhan wisatawan dan penduduk lokal untuk mengunjungi pulau-pulau wisata atau pulau lainnya dengan orang-orang lokal menetap di sana.

Kapal-kapal berangkat dari Marina Ancol pukul 08:00 atau pukul 09:00 dan kembali dari pulau pada 13:30 atau pukul 14:00 WIB. Selain speedboat, transportasi yang dipakai lainnya adalah kapal kayu (semacam perahu tradisional) dengan kapasitas 50 – 60 penumpang. Mereka kapal raditional dan bermotor yang dilengkapi dengan jaket untuk penumpang yang berangkat setiap hari dari Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Panggang dan ke Pulau Pramuka dengan waktu transit sekitar 2,5 sampai 3 jam.

 

Akomodasi

Kualitas kamar penginapan di Wisata Kepulauan Seribu memiliki kualitas yang baik dengan arsitektur yang unik dan interior yang menarik. Fasilitas pendukung lainnya di Kepulauan Seribu adalah seperti ruang pertemuan/konvensi, bar, restoran, karaoke, diskotik, kolam renang, lapangan tenis, voli pantai dan toko-toko suvenir.

Beberapa pulau pariwisata menyediakan paket wisata yang disebut dengan antar pulau wisata yang memungkinkan wisatawan untuk mengunjungi pulau-pulau di sekitar dengan semua pesona berbagai keindahan alam yang mereka miliki. Kepulauan yang tidak menyediakan resort yang dilengkapi dengan rumah tinggal akomodasi yang disediakan antara kediaman orang-orang lokal yang tinggal di sana. Di antara pulau-pulau yang menyediakan akomodasi seperti Pulau Pramuka dan Pulau Untung Jawa.

 

Sisi Lain dari Pulau Seribu

Daya tarik dari Kepulauan Seribu tidak hanya pada panorama alam. Tempat-tempat menarik lainnya yang disaksikan masyarakat setempat kegiatan rutin seperti melakukan bisnis rumput laut budaya, ikan kerapu, membuat perahu dan konservasi penyu shell. Banyak masyarakat Kepulauan Seribu terutama yang berada di Pulau Pramuka hidup dari membuat berbagai jenis makanan ringan yang banyak penduduk setempat dan pengunjung dari Pulau Pramuka menyukainya.

Bagian dari Kepulauan Seribu yang menjadi tempat tinggal bagi orang-orang lokal dan menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Harapan, Pulau Panggang, Pulau Kelapa dan Pulau Tidung dengan aktivitas sehari-hari masyarakat setempat sebagai nelayan, pengusaha, pedagang dan karyawan. Itulah tips transportasi ke pulau seribu beserta biografi singkat kepulauan seribu yang dapat kita ketahui, semoga bermanfaat.

Print Friendly, PDF & Email

Artikel Terkait

Tips Liburan Di Gili Air Agar Lebih Maksimal

Muhammad Khoir

Hotel Bandung Paling Populer di Setiabudi

Khaylila Zhafira

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Bogor

Khaylila Zhafira

Tinggalkan Komentar