KabarSumsel.ID
Mancanegara

Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Menurut Kacamata Media Internasional            

KABARSUMSEL.ID, Jakarta – Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Indonesia pada Kamis (17/1) kemarin mendapat perhatian tidak hanya dari masyarakat dan media nasional tetapi juga dari media internasional. Sejumlah media asing juga turut mengikuti berjalannya debat perdana pasangan Jokowi – Ma’ruf dan Prabowo – Sandiaga.

Media asing yang turut menyaksikan juga memberikan pendapatnya terkait pelaksanaan debat. Sejumlah media asing seperti ABC Australia, The Sidney Morning Herald, dan The Straits Times Singapura juga turut memberikan pendapat.

Setelah mengikuti jalannya debat, ABC, media Australia memberikan pendapatnya: Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 terlihat lebih unggul di atas nomor 02, namun, mereka menghadapi tantangan yang cukup besar dari pasangan nomor urut 02.

Tetapi, Jokowi dinilai lebih agresif kali ini dibandingkan dengan lima tahun lalu. Sementara petahana dinilai lebih handal dalam bertanya dan memberikan jawaban dalam pertanyaan seputar korupsi dan masalah ketidaksetaraan gender.

Sedangkan menurut The Sydney Morning Herald, kedua pasangan calon terlihat seperti robot. Jawaban yang diberikan sangat diperhitungkan dan seperti tidak mau mengambil resiko. Komentator harian tersebut juga mengkritisi sistem debat dimana kedua pasangan calon sudah diberikan kisi-kisi seminggu sebelum debat sehingga sudah dapat mempersiapkan diri.

The Straits Times Singapura menganalisa bahwa isu yang menjadi topik utama debat adalah isu penting namun sayangnya, kedua kubu kurang memberikan rincian jawaban yang lebih dalam dan hanya membahas secara umum.

Print Friendly, PDF & Email

Artikel Terkait

Fantastis! ‘Aquaman’ Berhasil Kantongi US$ 1 Miliar                

roni Fadly

Oarfish si Ikan Pembawa Pesan Bencana Kembali Muncul di Jepang

roni Fadly

Ditikam Saat Galang Dana, Seorang Walikota Polandia Kritis

roni Fadly

Tinggalkan Komentar