KabarSumsel.ID
Nasional

Awas! Narkoba Jenis Baru Beredar              

KABARSUMSEL.ID, Jakarta – Belum lama ini polisi berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis baru. Narkoba jenis baru ini bernama ‘Yaba’ yang berhasil diamankan dari jaringan pengedar Banjarmasin-Jakarta. Narkoba jenis baru ini diketahui disamarkan dalam makanan kemasan teri Medan.

Menurut Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Calvijn Simanjuntak kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya Jum’at lalu mengatakan bahwa Yaba merupakan sabu model baru yang mengandung metamfetamin. Yaba berbentuk lebih kecil dan dikemas di makanan kemasan teri Medan.

Calvijn melanjutkan bahwa Yaba merupakan narkotika jenis baru yang masuk ke Indonesia, namun, sudah terkenal di Thailand. Bentuknya sedikit berbeda dengan bentuk sabu pada umumnya maupun sabu cair, yaba berbentuk pil. Sebanyak 20ribu butir sabu yaba berhasil diamankan dalam operasi penangkapan tersebut.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, setidaknya ada 11 orang tersangka yang diamankan terkait kasus ini. Sindikat menyamarkan narkoba tersebut dengan mengemasnya dalam kemasan teri Medan dan abon lele khas Riau untuk mengelabui petugas.

Dalam kasus ini, polisi berhasil menyita sebanyak 6,5 kg sabu. Selain sabu, polisi juga berhasil mengamankan 57.578 butir ekstasi, dan 15,19 ganja. Sebelas tersangka yang sudah digelandang akan dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) sub Pasal 112 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) UU no 35 Tahun 2009 dengan ancaman pidana hukuman penjara seumur hidup.

Print Friendly, PDF & Email

Artikel Terkait

Bupati Landak Bagikan 3.100 Sertifikat Gratis Dan Ingatkan Warga Untuk Tidak Jual Tanah

Muhammad Khoir

Mantap! Kemendes PDTT bangun Early Warning System

roni Fadly

Kebijakan Gubernur Jakarta Masuk Monas Gratis Bagi Difabel Dan Lansia

Muhammad Khoir

Tinggalkan Komentar