KabarSumsel.ID
Mancanegara

Nicolas Maduro Mendapat Dukungan Vladimir Putin

KABARSUMSEL.ID, Moskow – Nicolas Maduro, Presiden Venezuela mendapat telepon dari Presiden Rusia Vladimir Putin yang menyampaikan dukungannya kepada Maduro atas krisis yang sedang  dialami Pemerintah Venezuela saat ini. Vladimir Putin menelepon setelah sebelumnya, beberapa negara lain mengakui Ketua parlemen Venezuela, Juan Guaido, yang memproklamirkan diri sebagai pemimpin baru Venezuela.

Seperti yang dilansir dari AFP, menurut Kremlin, atau Istana Kepresidenan Rusia, Presiden Rusia, Vladimir Putin menyatakan memberikan dukunganya kepada Pemerintah Venezuela yang sah dalam krisis politik domestik yang diprovokasi di luar.

Situasi di Venezuela memanas setelah sebelumnya, Ketua parlemen sekaligus pimpinan oposisi Juan Guaido mendeklarasikan diri sebagai presiden baru Venezuela. Hal ini ia lakukan setelah ribuan warga berhari-hari menggelar aksi protes terhadap kekuasaan Presiden Nicolas Maduro yang mengakibatkan 13 orang tewas dalam bentrokan antara massa dengan pasukan anti huru-hara.

Berdasarkan keterangan dari Kremlin, Maduro berterima kasih pada Rusia atas keberpihakannya dalam krisis yang sedang berlangsung di Venezuela ini. Vladimir Putin juga mengatakan bahwa setiap intervesi dari negara lain adalah melanggar norma-norma dasar hukum internasional.

Sebelumnya, pada Rabu lalu (23/1), Amerika Serikat dan negara-negara Amerika Selatan sudah mengakui kepala oposisi Guaido sebagai pimpinan. Moskow telah memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak melakukan intervensi militer di Venezuela. Putin mendukung pemerintahan Venezuela saat ini karena Rusia memiliki kepentingan ekonomi yang cukup besar di Venezuela, selain itu, Rusia juga telah menginvestasikan miliaran dolar di sektor energi.

Print Friendly, PDF & Email

Artikel Terkait

Perdana Menteri Mahathir Kecam Israel

roni Fadly

Kolaborasi NASA dan China Dalam Penjelajahan Bulan

roni Fadly

Fantastis! ‘Aquaman’ Berhasil Kantongi US$ 1 Miliar                

roni Fadly

Tinggalkan Komentar