KabarSumsel.ID
Nasional

Mantap! Kemendes PDTT bangun Early Warning System

KABARSUMSEL.ID, Jawa Barat – Early Warning System atau sistem peringatan dini bencana memang sangat penting mengingat letak Indonesia yang berada di kawasan ring of fire dan pertemuan lempeng. Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu) Kemendes PDTT rencananya akan mulai membangun EWS atau sistem peringatan dini bencana di sejumlah daerah. Sebelumnya, Kemendes PDTT sudah membangun sistem peringatan dini bencana di 16 kabupaten, dan tahun ini rencananya akan dibangun lagi di lima kabupaten.

Menurut Hasman Ma’ani, Direktur Penanganan Daerah Rawan Bencana dari Ditjen PDTu Kemendes PDTT, pihaknya sudah membangun total sebanyak 19 unit pada periode 2016 sampai dengan saat ini. Dan tahun ini, pembangunan EWS akan ditambah di lima kabupaten. Hal tersebut diutarakan pada saat menggelar sosialisasi pembangunan sistem peringatan dini bencana 2019 di Hotel GH Universal, Jawa Barat pada Senin (28/1) lalu.

Hasman juga menambahkan bahwa pelaksanaan pembangunan Early Warning System ini akan dikawal oleh salah satu unit kerja Ditjen PDTu yakni Direktorat Penanganan Daerah Rawan Bencana. Pembangunan Early Warning System ini sudah tersedia di 16 kabupaten yang memiliki tingkat resiko tinggi atau kerawanan tinggi terhadap bencana longsor dan banjir. Sejalan dengan Hasman, Bambang Widyatmoko, peneliti dari LIPI mengatakan bahwa dalam penanganan bencana, teknologi dibutuhkan dan memiliki peranan penting, meskipun yang lebih utama adalah peran serta masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email

Artikel Terkait

Warga Negara Inggris Menampar Staff Imigrasi di Bali            

roni Fadly

BNN Aceh Tangkap Pengedar Sabu Jaringan Internasional

Muhammad Khoir

Di Klaim Ber-bobot 350kg, Seorang Wanita di Kalimantan Tengah Dievakuasi

roni Fadly

Tinggalkan Komentar