KabarSumsel.ID
Mancanegara

Oarfish si Ikan Pembawa Pesan Bencana Kembali Muncul di Jepang

KABARSUMSEL.ID, Jepang – Publik Jepang kembali di hebohkan dengan kemunculan ikan Oarfish. Ikan langka ini membuat publik Jepang khawatir. Pasalnya, masyarakat memiliki kepercayaan bahwa munculnya oarfish adalah pertanda akan datangnya gempa bumi dan tsunami.

Seperti yang dikutip dari Detik, selama musim dingin ini, sudah ditemukan setidaknya tujuh ekor ikan Oarfish atau yang dalam bahasa Jepang disebut ‘Ryugu no tsukai’ yang memiliki arti sebagai ‘Pembawa pesan dari Istana Dewa Laut’. Sebutan ini diasumsi berkaitan dengan habitat ikan Oarfish yang biasanya hidup di perairan dalam di antara 200 hingga 1.000 meter.

Oarfish merupakan ikan berbentuk mirip pita yang biasanya hanya hidup di perairan sedalam 200 hingga 1.000 meter. Ikan langka ini memiliki ciri khas yakni sisik berwarna perak dan memiliki sirip berwarna merah di punggungnya. Ikan jenis ini biasanya memiliki ukuran yang besar dan dapat mencapai ukuran 11 meter.

Mitos tentang oarfish sudah berkembang luas di Jepang sejak lama. Mitos tersebut mengatakan bahwa oarfish akan muncul ke pantai sebelum gempa bumi bawah laut terjadi. Mitos oarfish juga sempat dikaitkan dengan gempa bumi dan tsunami dahsyat yang menerjang Fukushima pada 2011 lalu. Peristiwa yang menewaskan lebih dari 20 ribu orang ini terjadi setelah sedikitnya satu lusin ekor oarfish terdampar ke pantai-pantai di Jepang dalam jangka waktu setahun sebelum bencana alam tersebut terjadi.

Print Friendly, PDF & Email

Artikel Terkait

Perempuan Di Australia Digigit Ular Sanca Dari Lubang Toilet

Muhammad Khoir

Fantastis! ‘Aquaman’ Berhasil Kantongi US$ 1 Miliar                

roni Fadly

Mantan Presiden Ukraina Divonis Bersalah

roni Fadly

Tinggalkan Komentar