KabarSumsel.ID
Wisata

Wisatawan Serbu Jembatan Gantung Situ Gunung Yang Lagi Viral

Wisatawan Serbu Jembatan Gantung Situ Gunung Yang Lagi Viral

KABARSUMSEL.ID – Wisatawan Serbu Jembatan Gantung Situ Gunung Yang Lagi Viral. Hal ini dikarenakan jembatan ini menyandang sebagai yang terpanjang di Indonesia. Jadi sangat tidak heran bahwa jembatan ini sangat cepat menarik wisatawan dan menjadi viral di dunia internet khususnya media sosial.

Usep Suherlan sebagai Koordinator Tim Pengelolaan Jembatan Gantung Situ Gunung, mengatakan bahwa wisatwan yang berkunjung khusus untuk melewati suspension bridge mencapai 2.500 orang. Khususnya pada musim libur seperti Natal. Sementara saat akhir pecan, rata-rata kunjungan diatas 1.500 orang (wisatawan).

“Belum dibuka saja sudah ramai, Hari libur biasa (weekend) sekitar 1.500 hingga 1.600 wisatawan. Kalau weekend kaya kemarin (libur Natal) sampai 2.500 orang. Itu khusus pengunjung jembatan saja, belum termasuk pengunjung kawasan wisata Situ Gunung keseluruhan.” Ungkap Usep saat ditemui di lokasi.

Pada saat belum dibangun jembatan gantung, pengunjung yang ingin ke lokasi air terjun harus memutar berjalan kaki melalui bukit. Durasinya kurang lebih selama 1 jam. Sementara jika melewati jembatan gantung, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Informasi umum yang didapat bahwa jembatan yang ada di kawasan Gunung Gede Pangrangi ini memiliki panjang 240 meter dan dengan ketinggian 150 meter dari permukaan tanah. Kawasan wisata Suspension Bridge ini sekaligus menghubungkan dan membelah lembah menuju curug Sawer yang merupakan salah satu spot paling menarik wisatwan di kawasan itu.

Harga tiket jembatan yang dikelola PT. Fontis Aqua Vivam dan KLHK ini dipatok Rp.50.000. Sudah termasuk biaya masuk ke curug Sawer serta mendapat minuman dan makanan ringan (snack) yang tersedia di pavilion sebelum memasuki pintu masuk jembatan.

“Bule juga sudah mulai banyak kesini. Tapi kalau untuk wisatawan asing, didominasi dari Timur Tengah, Malaysia juga banyak, kemudian dari China, Setiap minggu, kita adakan pentas seni Sudan di teater.” Ujar Usep lebih lanjut.

Wisatatawan bisa menikmati pemandangan yang eksotis hutan tropis yang masih sangat lebat di ngarai kaki Gunung Pangrango dari atas jembatan tersebut.

Print Friendly, PDF & Email

Artikel Terkait

Wisata Pemandian Limbua Bulukumba Yang Dianggap Air Ajaib

Muhammad Khoir

Tips Ke Pulau Tidung Tanpa Jasa Tour Travel

Khaylila Zhafira

Tips Transportasi ke Pulau Seribu

Khaylila Zhafira

Tinggalkan Komentar